Tugas Mandiri

PAN, LAN, MAN, WAN

1.PAN (Personal Area Network)

PAN atau singkatan dari Personal Area Network adalah sebuah jaringan komunikasi satu perangkat dengan perangkat lainnya dengan jarak yang sangat dekat, hanya sampai beberapa meter saja. PAN merupakan jaringan komputer yang paling dekat jaraknya diantara jenis jaringan komputer lainnya.

Sistem keamanan dan kontrol pada jaringan PAN adalah dengan menggunakan autoritas pribadi sementara teknologi yang digunakan pada jaringan PAN Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth.

Contoh Penggunaan Jaringan:

-. Menghubungkan ponsel pintar dengan ponsel pintar lainnya menggunakan                   bluetooth. 

-. Menghubungkan ponsel pintar dengan komputer menggunakan bluetooth.

-. Menghubungkan mouse dengan komputer menggunakan bluetooth.

-. Menghubungkan printer dengan komputer menggunakan bluetooth.

-.Menghubungkan keyboard dengan komputer menggunakan bluetooth.


2.Local Area Network(LAN).

Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

3.Wide Area Network(WAN)

Wide Area Network (WAN) adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit. Kecepatan transmisinya beragam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai 625 Mbps (atau kadang-kadang lebih). Faktor khusus yang mempengaruhi desain dan performance-nya terletak pada siklus komunikasi, seperti jaringan telepon, satelit atau komunikasi pembawa lainnya.

WAN, komponen yang dipakai dalam berkomunikasi biasanya terdiri dari dua komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching. 

WAN juga berfungsi sama seperti LAN mengkoneksikan antar komputer, printer dan juga device lainnya dalam satu jaringan.

Dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkan antara LAN dengan WAN dan device tersebut adalah router.


Kelebihan WAN:-.Berbagi informasi/file melalui area yang lebih besar.-.Semua orang yang ada di jaringan ini dapat menggunakan data yang sama.-. Mempunyai sistem jaringan yang besar/luas sehingga mampu menjangkau Negara, benua, bahkan seluruh dunia.-. Jika terkoneksi dengan jaringan internet transfer file pada tempat yang jaraknya jauh bisa di lakukan secara cepat.-. Dapat berbagi resources dengan koneksi workstations.


Kekurangan WAN:-.Biaya operasional mahal.-.Dalam hal settingan/pengaturan jaringan WAN lebih sulit dan rumit, selain itu alat-alat yang diperlukan juga sangat mahal.-.Memerlukan Firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk dan dapat mengganggu jaringan ini.-.Rentan terhadap hacker atau ancaman dari luar lainnya.

3.MAN (Metropolitan Area Network)

MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan yang berada di suatu kota tertentu yang menghubungkan beberapa lokasi/ Gedung seperti, kampus, kantor, hotel, dll. Jaringan WAN juga merupakan kumpulan dari beberapa jaringan LAN. Intinya WAN itu kumpulan dari beberapa jaringan LAN.

Perbedaan antara LAN dan MAN gampang, LAN adalah jaringan di dalam suatu gedung /kampus /hotel. Sedangkan MAN kumpulan jaringan LAN. berarti Jaringan yg menghubungkan jaringan LAN.

Keuntungan MAN:
  • Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang.
  • Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu juga, contoh ATM Bank unluk wilayah nasional)
  • Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting
  • dan Video Conference (ViCon).
Kerugian MAN:
  • Biaya operasional mahal.
  • Instalasi infrastrukturnya tidak mudah.
  • Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shoot)



Komentar

Postingan Populer